Senin, 14 Januari 2013

Contoh Makalah Wawancara



Tugas Wawancara
Topik       : Pengabdian seorang guru olahraga
Tema        : Olahraga
Judul         :








KELOMPOK 4
Pembimbing :
Denny Sofiastuti, M.Pd

Nama Kelompok        :  1. Aghne Inka Melani         (02)
                                       2. Mailinda Ratna P.A.      (15)
                                       3. Pungkas Panca A.S.     (23)
                                       4. Reni Dwi Rahayu          (25)
                                       5. Ulfi Nur Faizatin             (28)
TAHUN AJARAN 2011-2012
Tugas Wawancara
Topik       : Pengabdian seorang guru olahraga
Tema        : Olahraga
Judul         :










KELOMPOK 4
                                                Pembimbing : Denny Sofiastuti, M.Pd

Nama Kelompok  :  1. Aghne Inka Melani            (02)
                                2. Mailinda Ratna P.A.        (15)
                                3. Pungkas Panca A.S.        (23)
                                4. Reni Dwi Rahayu             (25)
                                5. Ulfi Nur Faizatin               (28)
TAHUN AJARAN 2011-2012
                                       
Kata Pengantar
Wawancara adalah suatu acara untuk mengumpulkan data dengan mengajukan pertanyaan langsung kepada narasumber.
Untuk mencapai hasil yang baik, kita harus memperhatikan tahap pelaksanaan wawancara sebagai berikut :
1.     Menentukan topik
2.     Memilih narasumber yang akan diwawancarai
3.    Menentukan waktu wawancara yang tepat
4.    Mencatat pokok-pokok informasi yang diperoleh dari hasil wawancara
5.    Menulis hasil wawancara dengan bentuk laporan
Laporan hasil wawancara ini disusun agar teman-teman dan semua pihak ikut membaca mengetahui tentang wawancara dan cara pelaksanaannya.
Harapan kami adalah agar para pembaca dapat memahami serta dapat lebih mengerti tentang wawancara dan juga berguna bagi kita semua. Karena dengan membaca hasil wawancara ini kitamendapatkan pengalaman yang sangat berguna bagi kita semua.



Daftar Isi
1.     Halaman sampul ...................................................................
2.    Kata Pengantar   ....................................................................
3.    Daftar isi                  ........................................................
4.   Pertanyaan wawancara I    ............................................
5.   Pertanyaan wawancara II   ............................................
6.   Hasil wawancara I      ...................................................................
7.    Hasil wawancara II     .........................................................
8.    Data Siswa Pewawancara   ..............................................
9.    Lampiran     .................................................................................
10.               Penutup       .....................................................................















Pertanyaan Wawancara I
1)               Sebelum wawancara kita lebih lanjut, apakah kami boleh berkenalan? Siapakah nama bapak dan berapakah umur bapak sekarang?
2)               Dari umur bapak yang sekarang sudah memasuki umur ... tahun. Sudah mempunyai anak berapakah bapak?
3)               Kalau boleh tau, dimana tempat tinggal bapak sekarang?
4)               Sejak mulai kapan bapak menekuni sebagai guru olahraga?
5)               Sekarangkan bapak sebagai guru olahraga, apakah anak-anak bapak juga diajari dalam bidang olahraga, agar besok kelak seperti bapak?
6)               Bagaimana bapak menjalani kesehariannya selama bekerja di MAN 1 ini?
7)               Tentunya untuk menjadi seorang guru, bapak punya motivasi supaya murid didiknya meraih prestasi. Apa motivasi bapak menjadi seorang guru olahraga?
8)               Sebagai guru olahraga pastinya bapak bisa semua dibidang olahraga. Maka dari itu, mengapa bapak tidak mendirikan pelatihan olahraga saja?
9)               Berapa lama bapak menekuni kuliah sehingga bisa menjadi guru seperti saat ini? Apa susah senangnya selama kuliah?
10)          Saat ini motivasi MAN 1adalah “Kebersihan sebagian dari Iman”. Bagaimana usaha bapak menjalani motivasi seperti ini?
11)          Seperti profesi yang bapak tekuni, yaitu sebagai guru olahraga, apakah bapak menekuni pekrjaan itu hanya sekedar disekolah saja atau juga bapak sering melakukannya dirumah?
12)          Melihat umur bapak yang dilihat sudah memasukiumur... bagaimana bapak me ngontrol kondisi kesehatan?
13)          Apa yang bapak lakukan dirumah jika tidak ada jadwal mengajar disekolah? Mungkin pak syamsuri bisa menceritakan sedikit aktivitas bapak?
14)          Apakah istri bapak pernah mengeluh atas pekerjaan pak syamsuri? Mungkin istri bapak pernah menyarankan pekerjaan lain?
15)          Selama ini pasti ada murid yang nakal atau sulit untuk diajak olahraga, bagaimana cara bapak mengatasinya?
16)          Dengan menjadi guru olahraga yang disiplin, dimana saja riwayat    pendidikan bapak?
17)          Saat ini bapak menjadi guru olahraga, pengalaman apa di waktu bapak masih sekolah?
18)          Juara apa saja bapak dulu waktu sekolah, sampai sukses menjadi guru olahraga?
19)          Bapak sekarang menjadi guru olahraga yang sukses, nah usaha apa saja bapak dulu waktu sekolah?
20)          Bapak saat ini tinggal di Bojonegoro, dahulu bapak sekolah dimana?
21)          Biasanya untuk meningkatkan prestasi di lingkungan olahraga, perlu dilatih dengan serius. Bagaimana pak syamsuri melatih murid-murid bapak ini? Apakah terlalu dipaksakan?
22)          Prestasi apa yang diraih disekolah MAN 1 ini? Karena saya pernah membaca prestasi disini cukup membanggakan.
23)          Seperti disekolah lainnya banyak mengadakan ekstra dibidang olahraga maupun lainnya. Apa saja ekstra olahraga disini pak?
24)          Banyak sekolah-sekolah lainnya yang menginginkan program olahraganya berjalan dengan lancar, didukung pula sarana yang cukup memadai. Apa saja sarana disini, kurang atau bahkan cukup memadai
25)          Banyak orang memiliki kesan dan pesan yang berbeda dari setiap pengalaman yang pernah dilakoni, apak kesan dan pesan pak syamsuri selama menjadi guru olahraga ?






Pertanyaan Wawancara II
Topik       : Pengabdian Seorang Guru Olahraga
Ns          : Pak Syamsuri
1.     Dari pendapat murid-murid di MAN 1 BOJONEGORO. Pak syamsuri merupakan guru yang menyenangkan. Bagaimana cara bapak mendidiknya sehingga murid-murid bapak merasa senang?
2.     Biasanya untuk meningkatkan prestasi di lingkungan olahraga, perlu di latih dengan serius. Bagaimana pak syamsuri melatih murid-murid bapak ini? Apakah terlalu dipaksakan?
3.     Tentunya untuk menjadi seorang guru, bapak punya motivasi supaya murid didiknya meraih prestasi. Apa motivasi bapak menjadi seorang guru olahraga?
4.     Sebagai guru olahraga pastinya bapak bisa semua di bidang olahraga. Maka dari itu, mengapa bapak tidak membuka pelatihan olahraga saja?
5.     Prestasi apa yang diraih di sekolah MAN 1 BOJONEGORO ini? Karena saya pernah membaca prestasi siswa-siswi di sini cukup membanggakan.
6.     Seperti di sekolah lainnya banyak mengadakan ekstra di bidang olahraga maupun lainnya. Apa saja ekstra olahraga di sini pak?
7.     Banyak sekolah lainnya yang menginginkan program olahraga berjalan dengan lancar, didukung pula sarana yang cukup memadai. Apa saja sarana disini, kurang atau bahkan cukup memadai?
8.     Banyak orang memiliki kesan dan pesan yang berbeda dari setiap pengalaman yang pernah dilakukakan, apa kesan dan pesan pak syamsuri selama menjadi guru olahraga di sini?
9.     Seperti provesi yang bapak tekuni, yaitu sebagai guru olahraga. Apakah bapak menekuni pekerjaan bapak ini hanya sekedar disekolahan saja atau bapak juga sering melakukan olahraga di rumah?
10.                        Siswa-siswi MAN 1 BOJONEGORO memanggil bapak dengan sebutan pak syamsuri, sebenarnya nama bapak siapa?
11.                        Di usia bapak saat ini bapak terbilang guru favorit. Di usia berapa bapak menjadi guru olahraga?
12.                        Melihat usia bapak yang sudah mulai memasuki umu,bagaimana bapak mengontrol kondisi kesehatan bapak?
13.                        Bapak Syamsuri adalah seorang guru olahraga yang pekerjaannya sehari-hari melatih siswa bapak, pernahkah istri bapak mengeluh atau menyarankan pekerjaan lain?
14.                        Apa yang bapak lakukan di rumah jika tidak ada jadwal mengajar di sekolah? Mungkin pak Syamsuri bisa menceritakan sedikit  aktivitas bapak?
15.                        Saat ini bapak menjadi guru olahraga , pengalaman apa di waktu bapak masih sekolah?
16.                        Bapak saat ini tinggal di Bojonegoro, dahulu bapak sekolah di mana?
17.                        Selama ini pasti ada murid yang nakal atau sulit untuk diajak melakukan olahraga. Bagaimana cara bapak mengatasinya?
18.                        Sekarang bapak sebagai guru olahraga, apakah anak-anak bapak juga diajari dalam bidang olahraga, agar besok kelak menjadi seperti bapak?
19.                        Apa kesan-kesan bapak selama mengajar  di MAN 1 BOJONEGORO?

ü Bagaimana pendapat bapak tentang pertanyaan kami tadi?
ü Apa pesan-pesan bapak untuk kami dari pertanyaan yang kami tanyakan tadi?








HASIL WAWANCARA I
Wawancara          :dari pendapat murid-murid di MAN 1 BOJONEGORO.  Pak syamsuri merupakan guru yang menyenangkan. Bagaimana cara Bapak mendidiknya sehingga murid-murid bapak merasa senang?
Narasumber         :sebelumnya para siswa di kumpulkan setelah itu siswa terlebih dahulu saya tanya materi untuk hari ini berlanjut dengan cara yang bagaimana, maksudnya supaya mereka senang mengikuti pelajaran olahraga, selain itu juga harus paham dengan materi yang di sampaikan?
Wawancara          :biasanya untuk meningkatkan prestasi di lingkungan olahraga, perlu di latih dengan serius. Bagaimana Pak Syamsuri melatih murid-murid Bapak ini? Apakah terlalu dipaksakan?
Narasumber         : tidak,, saya tidak memaksa murid-murid, kalau di paksakan takuutnya murid-murid akan merasa tegang atau gimana gitu ,,,,ya,,, yang rilek saja lah,, tidak usah terlalu  di buat senang saja, agar materi yang dapat disampaikan bisa diterima.. (dengan senyuman Pak Syamsuri mengatakan).
Wawancara          :tentunya untuk menjadi seorang guru, Bapak punya motivasi supaya murid didiknya meraih prestasi. Apa motivasi Bapak menjadi seorang guru olahraga?
Narasumber         :yaa,, saya memotifasi dengan mengasih dukungan terutama siswa yang mempunyai bakat terpendam menjadi berprestasi,,  jika ada festival-festival,, ya kita coba ikuti agar tau bakat terpendam dari siswa tersebut.
Wawancara          :prestasi apa yang diraih di sekolah MAN 1 BOJONEGORO ini? Karena saya pernah membaca prestasi siswa-siswi disini cukup membanggakan.
Narasumber         :yaa seperti yang kalian ketahui hasil piala-piala dari anak MAN 1 BOJONEGORO ini, macam-macam tentunya :  juara 1 umum porseni tingkat MAN sejatim di Kediri,  juara 2 perseni di Lamongan, juara 3 voli sekabupaten,  juara 3 karate di Jombang hanya yang belum mendapat adalah juara basket.
Wawancara          :seperti di sekolah lainnya banyak mengadakan ekstra di bidang olahraga maupun lainnya. Apa saja ekstra olahraga di sini pak?
Narasumber         :program ekstra yang kami tentukan salah satunya voli, futsal, takrow, basket, atletik, karate, apabila ada siswa yang ingin ekstra renang bisa melatih diri di luar jam sekolah meskipun disekolah tidak mengadakan ekstra renang.
Wawancara          :banyak sekolah lainnya yang menginginkan program olahraga berjalan dengan lancar, didukung pula sarana yang cukup memadai. Apa saja sarana disini, kurang atau bahkan cukup memadai?
Narasumber         :Kami mempunyai lapangan bola voli, lapangan basket, lapangan futsal. Alhamdullilah yaa cukup memadai.
Wawancara          :banyak orang memiliki kesan dan pesan yang berbeda dari setiap pengalaman yang pernah dilakukakan, apa kesan dan pesan Pak Syamsuri selama menjadi guru olahraga di sini?
Narasumber         :selain saya melakukan profesi ini senang, jadi ya,, senang gak ada susahnya hehehe,, mungkin pertanyaan kalian kenapa kok seneng gitu ya? Aslinya saya bukan guru olahraga, alhamdullilah saya menekuni bola volly alhamdullilah secara pribadi.  
Wawancara          :seperti provesi yang Bapak tekuni, yaitu sebagai guru olahraga. Apakah Bapak menekuni pekerjaan Bapak ini hanya sekedar disekolahan saja atau Bapak juga sering melakukan olahraga di rumah?
Narasumber         :dirumah saya juga melakukan olahraga bersama keluarg. Saya melakukanya dengan senang karena dapat melakukan kegiatan itu bersama keluarga. Contohnya : joging bersama keluarga, bermain bola voly, bulu tangkis, selain itu saya juga melatih orang dikampung, mereka sering mengadakan lomba antar kampung lainya atau antar RT .
Wawancara          :siswa-siswi MAN 1 BOJONEGORO memanggil Bapak dengan sebutan Pak Syamsuri, sebenarnya nama Bapak siapa?
Narasummber      : nama saya cukup singkat biasa di panggil Pak Samsuri. 

Wawancara          :di usia Bapak saat ini bapak terbilang guru favorit. usia berapa Bapak menjadi guru olahraga?
Narasumber         :kalau favorit sih yaa tidak, saya mengajar di MAN 1 mulai tahun 1992 resminya, saya juga mempunyai pengalaman–pengalaman di MI , SMP, MTS, PGA, IKIP, mengajar di MI dan SMP tahun 1984 dan ,mengajar dari IKIP Bahasa Indonesia, tahun 1992 
Wawancara          :melihat usia Bapak yang sudah mulai memasuki umur, bagaimana Bapak mengontrol kondisi kesehatan Bapak?
Narasumber         :sering menjaga kesehatan, olahraga dll.
Wawancara          :apa yang bapak lakukan di rumah jika tidak ada jadwal mengajar di sekolah? Mungkin Pak Syamsuri bisa menceritakan sedikit aktivitas Bapak?
Narasumber         :selain di sekolah aktivitas saya bertani, karna saya anaknya petani, mungkin kalian tidak pernah pergi kesawah kan? Karna kami orang desa ya jadi saya sering pergi kesawah untuk bercocock tanam, meskipun di pandang pekerjaanya remeh tetapi penghasilan petani lebih tinggi di banding PNS.
Wawancara          :ya pernah Pak,, kami pernah kesawah untuk mengirim ayah saya,maklum saya juga orang desa Pak. Saya kesawah juga mencari inspirasi-inspirasi.
Wawancara          :saat ini Bapak menjadi guru olahraga , pengalaman apa di waktu Bapak masih sekolah?
Narasumber         :saya orangnya mengalir sesuai perjalan hidup saya, semua kegiatan sekolah saya ikuti contoh, paskib, pengibar bendera, PMR, pramuka dll. Dengan perjuangan yang cukup keras tapi saya santai.   
Wawancara          :sekarang Bapak sebagai guru olahraga, apakah anak-anak Bapak juga diajari dalam bidang olahraga, agar besok kelak menjadi seperti Bapak?
Narasumber         :biarlah anak saya memilih jalannya sendiri. Kalau bisa ya prestasinya lebih tinggi dari pada saya.
Wawancara          :bagaimana pendapat bapak tentang pertanyaan kami tadi?
Narasumber         :cukup bagus pertanyaan yang kalian berikan,cukup detail pertanyaan-pertanyaan kalian juga bermanfaat bagi saya, sehingga juga bermanfaat juga kalian.
Wawancara          :apa pesan-pesan bapak untuk kami dari pertanyaan yang kami tanyakan tadi?
Narasumber         :kalian dapat mengambil hal hal yang positi dari saya tapi jika ada hal negatif dari saya kalian buang,, wawancara ini jangan hanya sekedar dijadikan tugas atau bahan tulisan tetapi harus kalian terapkan didirikalian masing-masing. Saya berharap kalian dapat lebih baik dari Pak Syamsuri, yang penting niat dan semangat kalian untukmenjadi lebih baik.











HASIL WAWANCARA
Pak Syamsuri adalah seorang guru  olahraga di MAN 1 Bojonegoro. Beliau adalah guru yang paling menyenangkan di MAN 1 bojonegoro. Cara beliau mengajar dengan cara memprogram dulu kemauan murid didiknya. Sehingga beliau tau bagaimana yang diminta muridnya saat beliau mengajar olahraga. Pak Syamsuri merupakan guru yang sangatramah , karena itu banyak murid-muridnya yang senang saat pelajaran pak Syamsuri . Agar murid didiknya merasa senang saat ia mengajar.
Saat pertama kali kita mewawancarai pak Syamsuri, kita di sambut hangat oleh beliau, beliau tidak membuat suasana nampak tegang tetapi beliau membuat suasana tampak nyaman , dan membuat kami senang. Pak Syamsuri mengajak kita bercanda saat wawancara, agar suasana di situ tak Nampak tegang.
Sarana-sarana di sekolahan yang pak Syamsur i tempati yaitu MAN 1 Bojonegoro,cukup lengkap ujarnya,diantara fasilitas-fasilitas yang dimiliki adalah fasilitas olahraga,atau pun fasilitas-fasilitas diluar llingkup olahraga.tapi yang kami tanyakan adalah fasilitas-fasilitas olahrga karna disini mempertanyakan sekita r olahraga saja,fasilitas-fasilitas disini atara lain:Lapangan futsall,lapangan basket,lapangan volley dan msih banyak lagi . Tapi pak Syamsuri bilang pada kami bahwa fasilitas sekolahan kami  juga sama bagusnya,kita tidak boleh membanding-bandingkan sekolahan kami dengan sekolahan ini (MAN 1).kalau dibandingkan dengan sekolahan kami yaa berbeda saut guru lain,kepadakami,kami pun tampak sungkan .

Beliau dahulu adalah seorang guru MI, MTS, PGA dan IKIP. Pak Syamsuri mengajar di SMP dan mengajar di MI pada tahun 1984 dan ia mengajar di IKIP Bahasa Indonesia pada tahun 1992 dan sekarang menjadi guru olahraga. Pengalaman pak Syamsuri di mulai jadi guru di MI  sampai menjadi guru olahraga di MAN 1 Bojonegoro. Beliau  diwaktu sekolah menekuni kegiatan sekolah  yang diikuti contoh paskib, pengibar bendera, pmr, pramuka dll. Dan akhirnya menjadi seorang guru.
 Kelihatan bahwa pengalaman pengalaman pak Syamsuri,mungkin bisa saya  katakan pak Syamsuri adalah guru yang berpengalaman,karena pengalaman pengalaman mengajar  yang sangat banyak. Kami tampak banyak piala yang terjejer rapi di lemari banyak sekali tapi sekolahan kami juga takkalah banyaknya , :D  dalam pertandingan olahraga ini sebetulnya pertandingan basket lah yang belum pernah mendapat juara yang belum pernah menonjol dipertandingan ,tapi dibidang olahraga lain kejuaraanya cukup mengharumkan sekolahan ini.




Pak syamsuri  menjadi guru olahraga di man 1 bojonegoro. pak syamsuri  telah membimbing siswa-siswi yang awalnya mempunyai bakat terpendam akhirnya berprestasi,
Pak syamsuri memberikan motivasi bagi murid dididknya supaya lebih bersemangat lagi dalam meraih prestasi. Tak perlu malu untuk dapat memperlihatkan bakatnya, bahwasanya setiap orang memiliki bakat terpendam tapi hanya saja orang itu tidak memberi kesempatan untuk menampilkan bakat-bakatnya sehingga bakat-bakat itu tak bisa di kembangkan sekolah. Saya juga sempat mempertanyakan piala-piala yang diraih di MAN ini, ternyata prestasi-prestasi yang diraih oleh siswa MAN 1 bojonegoro adalah   juara 1 umum porseni tingkat man sejatim di kediri,  juara 2 perseni di Lamongan, juara 3 voli
juara 3 karate di jombang hanya yang belum mendapat juara adalah  olahraga basket, selain mengajar olahraga di dibelakang kami terjejer rapi piala-piala yang dimiliki oleh sekolahan ini. Dan sangat banyak mulai dari piala lomba voly dll. Karna sangat banyak kami tidak dapat menyebutkanya.


Pak syamsuri juga sering ikut mendampingi murid-muridnya yang melakukan lomba di manapun, karena bagi pak syamsuri murid-murid inilah yang akan membawa nama sekolah ini menjadi lebih baik, karnanya juga sekolahan ini mendapat nama baik di masyarakat. Mungkin dengan inilah pak syamsuri dapat memberikan semangat pada murid-muridnya yang aka bertanding.

Pak syamsuri juga melakukan olahraga dirumah  yaitujoging bersama keluarga, melatih voli  orang dikampung, bahkan lomba antar rt, apabila tidak ada jam mengajar di sekolah pak syamsuri melakukan aktivitas dirumah yaitu  bertani, karena beliau adalah anak seorang petani ujarnya,kami juga berkata bahwa kami juga orangdesa, kami juga pernah pergi kesawah, tapi kata pak syamsuri itu tidak mungkin sambil bergirau kata paksyamsuri,sambil mencari inspirasi dan mengirim orang tua kita makanan disaat itulah kita pergi kesawah kata kami.
Di sela-sela kami wawancara pak syamsuri juga sempat bercanda dengan kami.
pak syamsuri berkata pada kami bahwa pertanyaan kami cukup bagus ,detail,dan bermanfaat bagi kami maupun pak syamsuri sendiri. Pak syamsuri sangat senang dengan kedatangan kami yang mewawancarainya , karena sebagai sumber informasi.
Pak syamsuri menghimbau kepada kami semua bahwa wawancara ini jangan hanya sekedar dijadikan sebagai tugas sekolah saja melainkan juga harus diterapkan untuk kehidupan sehari-hari, dari hal-hal yang positif yang pak syamsuri berikan kepada kami baik kepada kalian para pembaca.



Data Siswa Pewawancara
Nama                   : Aghne Inka Melani
Absen                  : 02
Kelas                    : X-7
TTL                     : 22 Agustus 1995
Alamat                 : Ds Pekuwon Dk Nglalu
                               Kec. Sumberrejo
Hoby                   : menggambar, mendengarkan  musik, memasak,                                        browsing
Email                   : aghneinka@ymail.com

Nama                   : Mailinda Ratna Puspita A.
Absen                  : 15
Kelas                    : X-7
TTL                     : 20 Mei 1996
Alamat                 : JL. Lettu Suwolo no 38
Hoby                   : olahraga, membaca, bermain musik
Email                   : mailinda_csm@yahoo.co.id

Nama                   : Pungkas Panca Adinda S.
Absen                  : 23
Kelas                    : X-7
TTL                     : 05 Mei 1995
Alamat                 : Ds Sidodadi Kapas
Hoby                   : menyanyi, shopping, membaca
Email                   : panca.dinda@yahoo.co.id






Nama                   : Reni Dwi Rahayu
Absen                  : 25
Kelas                    : X-7
TTL                     : 11 Mei 1996
Alamat                 : Ds ngumpakdalem Dk Bogo
                               Kec. Dander Bojonegoro
Hoby                   : menulis, mengarang, mendengarkan musik,  download lagu, browsing
Email                   : renydwirahayu@rocketmail.com


Nama                   : Ulfi Nur Faizatin
Absen                  : 28
Kelas                    : X-7
TTL                     : 25 September 1996
Alamat                 : Ds Ngraseh Dander Bojonegoro
Hoby                   : bulu tangkis, nonton film horor
Email                   : oelvynur@yahoo.co.id







Penutup
Puji syukur senantiasa kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa. Karena atas limpahan rahmat dan karuniaNya yang telah diberikan, kami dapat menyusun dan menyelesaikan tugas laporan hasil wawancara ini dengan baik.
Kami juga sangat berterima kasih atas bimbingan Bu Denny Sofiastuti dalam menyelesaikan tugas ini.
Semoga tugas ini dapat memberikan kontribusi positif dan bermakna dalam proses belajar. Kami sangat menyadari bahwa tugas ini masih banyak kekurangan dan masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan.
Akhirnya kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kami menyelesaikan tugas ini.


                  

                                                                  
                                                                                                                                                                                                          Tim Penyusun



1 komentar: